Jalur cikuray via kiara jongot

Wednesday, July 3, 2019

Gunung cikuray kecil-kecil cabai rawit

Assalam mualaikum wrwb
www.penikmatsunrise.com

Kali ini sayang akan menceritakan perjalanan saya ke gunung cikuray yang berada di garut,jawa barat. Kali ini saya dan 3 temen saya akan mendaki menuju gunung cikuray.tetapi sebelum itu saya akan memberi tahu informasi,gunung cikuray berada di garut, jawa barat, gunung cikuray ini memiliki ketinggian 2821mdpl, ya walau pun tidak termasuk tinggi gunung ini kecil-kecil cabai rawit. Gunung cikuray ini memiliki 3 jalir pendakian yaitu via pemancar,via kiara jenggot,dan via bayombong. Kali ini saya dan temen saya akan mendaki gunung cikuray melalui via kiara jenggot,
   saya dan teman-teman saya berangkat dari terminal primajasa cililitan dengan istimasi 65.000rupiah.ya karena masih tarif lebaran karena saya dan ke 3 temen saya menuju cikuray H+4lebaran tarif angkutan masih relatif tinggi yg biasa nya hanya 53.000ribu hingga terminal garut.
    Oh iya sebelum itu saya perkenal kan teman saya yg pertama ridho dinata yang ke dua yoga ariyadana dan yang terakhir alam al-fajri,ya kami hanya melakukan trecking berempat. Oke back to topick setelah di terminal bus primajasa bus akan berangkat dari cilitan jam seteng 7 malam, setelah menunggu 45menit akhir nya bus pun jalan dari terminal cililitan menuju garut. Setelah 5jam perjalan akhir nya kami sampai di kota garut jam 12 malam,kami menginap di salah paman teman saya. Dan singkat cerita kami pun bersiap menuju gunung cikuray via kiara jenggot dengan menaiki mobil grab atau mobil sewaan dengan estimasi 250.000ribu menuju pos 1 pendaftaran via kiara jenggot.setelah 30menit lebih akhirnya kami sampai di pos 1 pendaftar kiara jengot di sini kita melakukan brefing dan pendaftar masing 15.000ribu, setelah melakukan pendaftaran dan brefing kami akhirnya melakukan trecking menuju gunung cikuray dan kami memulai treacking jam 8pagi .
  Dari pos 1 pendaftar hingga pos 1 itu jarak 1.5jam, dan jalur di lalui menanjak dan melewati lahan perkebunan warga sekitar,setelah 1.5jam kami pun sampai di pos 1 jalur pendakian kami istirahat 30menit sebelum menuju pos 2 jarak yang di tempuh pos 1 ke pos 2 yaitu hanya 25menit. Setelah istirahat kami pun melanjut kan ke pos 2 di pos 2 terdapat sumber mata air tetapi sayang sewatu saya ke sana sumber mata airnya kering dan tidak ada air, kami istirahat 15menit untuk mengatur nafas kami karena trek nya cukup menanjak dan menantang. Kami pun melanjut kan ke pos 3 dengan jarak tempuh 45menit di pos 3 kami tidak istirahat kami pun melajut kan perjalanan ke post 4 dengan jarak tempuh 15menit dengan jalur trek sedikit curam dengan tinggi 80 derajat.
   Setelah 15menit mendaki akhirnya kami sampai di pos 4 di sini kami memakan mie yg telah kami bawa dari rumah dengan sisa air minum 4 botol,kami pun mengawet kan hingga kami pulang nnti. Setelah istirahat 30menit di pos 4 kami pun melajut kan perjalanan menuju pos 5 dengan jarak tempuh 35menit, saat akan ke pos 5 akan melewati akar pepohonan dan pohon tumbang dan jalur yg cukup licin. Dan akhirnya kami pun di pos 5 di pos 5 kami hanya istirahat 15menit untuk mengatur nafas kami yg sudah senin kamis. Kami pun melajut kan perjalanan ke pos 6 dengan jarak tempuh 1.5jam perjalanan dengan jalur menanjak tanpa bonus dan melewati lahan gambut saat perjalanan saya merasakan perut kram dan mual tetapi saya masih kuat melajut kan perjalanan dan kami istirahat 25menit dalam perjalanan menuju pos 6, saya sempat di tawari untuk turun sama teman saya "ziz, klo lu ga kuat mending lu turun aja dari pada lu kenapa-napa nanti di jalan",tawar yoga"ga usah tanggung yog dikit lagi nyampe turun jg jauh" jawab saya.
  Setelah tidak kerasa perjalanan 1.5jam kami akhir jam sampai di pos 6 pada pukul 15.30, di sini kami melaksana kan solat dzuhur di jamaa ke ashar, setelah solat kami melajut kan perjalan nan menuju puncak bayangan atau pos 8 dengan jarak tempuh 4.5jam jika berhenti- henti di tengah perjalanan, setelah 4.5 jam akhir nya kami sampai di pos 8 atau puncak bayangan di sini telah ramai tenda pendaki. Setelah kami sampai kami langsung memasang tenda dan istirahat untuk sampai summit attack esok pagi.
   Jam 5subuh kami persiapan solat subuh dan summit attack ke puncak cikuray, dari pos bayangan ke puncak jarak tempu 5menit, jam5 lewat 5menit kami sampai di puncak cikuray menikmati sunset

Puncak cikuray 2821mdpl

• Sekian blog dari saya semoga bermanfaat dan tetap menjaga sopan santun dalam tingkah di alam bebas